Saturday, 23 June 2012

Ducati: Belum Saatnya Swingarm Aluminium dibuang ke Tong Sampah


ducati valentino rossi  swingarmally

Ducati menjelaskan kalau mereka akan tetap melanjutkan pengembangan swingarm aluminium dan Valentino Rossi akan kembali mengetesnya pada sesi uji coba yang akan digelar
selepas balapan GP Mugello dihelat.


Valentino Rossi mengaku menemukan sejumlah kemajuan saat mengetes swingarm aluminium untuk pertama kalinya saat melakoni uji coba privat di Mugello beberapa waktu yang lalu.

Menurut Rossi, pemakaian aluminium swingarm tersebut membantunya untuk mengendalikan motor Desmosedici GP12 dengan lebih baik saat memasuki tikungan.

Akan tetapi, kemajuan yang didapat Rossi berbanding terbalik saat swingarm aluminium tersebut dicobanya pada sesi latihan bebas di Sirkuit Catalunya.

Di atas lintasan Barcelona, Valentino Rossi malah terganggu oleh adanya masalah getar pada bagian depan motor yang diakibatkan oleh pemakaian swingarm aluminium tersebut. Kemudian The Doctor kembali beralih memakai swingarm karbon untuk menjalani balapan MotoGP Catalunya.

Rossi kembali mengevaluasi swingarm aluminium dalam tes yang digelar di trek yang sama pada keesokan harinya. Tetapi lagi-lagi pembalap berusia 33 tahun tersebut mendapat problem getar yang serupa.

Kemudian pada tes yang dihelat di Aragon, Valentino Rossi bahkan tak memiliki waktu untuk mengetes swingarm aluminium dan lebih memilih fokus untuk bereksperimen terhadap settingan motor Ducati.

Rekan satu timnya, Nicky Hayden mengalami nasib yang tak jauh berbeda. Bahkan, Hayden telah mengalami problem getar saat memakai swingarm aluminium di Mugello. Pembalap asal Amerika Serikat itupun tak tertarik untuk mengetesnya dalam akhir pekan balapan yang diadakan di Catalunya. 

Meskipun demikian, proyek pengembangan aluminium swingarm tetap akan dilanjutkan dan crew chief Rossi, Jeremy Burgess berkata: “Terkadang dalam suatu tahap pengembangan, Anda bisa maju satu langkah dan kadang-kadang Anda tidak menemukan kemajuan. Saya kira kami akan tetap melanjukan pengembangan tersebut karena swingarm yang telah kami uji coba tersebut memiliki poin bagus buat kami. Apakah Anda memilih untuk mengembangkan swingarm aluminium yang memiliki kelenturan yang sama dengan swingarm karbon? Ataukah Anda akan tetap mempergunakan swingarm yang sudah Anda miliki sebelumnya? Semua tergantung pada biaya yang akan Anda keluarkan. 

Pertanyaannya, apakah memakai aluminium swingarm lebih efisien ketimbang memakai swingarm karbon? Jika kami mempertimbangkan tingkat kelenturannya, maka kami akan tetap mempergunakan swingarm karbon.”

Selain pertimbangan faktor finansial, Ducati tetap berupaya melanjutkan pengembangan swingarm aluminium dengan keyakinan bahwa mereka akan dapat mengatasi problem getar tersebut dan membuat terobosan seperti yang sudah dilakukan oleh kompetitor mereka.

Bos tim Ducati, Vittoriano Guareschi menjelaskan: “Kami sudah membuat dua jenis swingarm aluminium yang berbeda. Tetapi produksi yang kami lakukan tersebut bukanlah sebuah terobosan besar. Masih mungkin untuk mempertahankan aspek positif dari swingarm aluminium tersebut namun kami membutuhkan waktu untuk membenahinya. Kami tidak memiliki cukup waktu sepanjang musim ini untuk berkutat pada hal ini, khususnya pada waktu-waktu sekarang ini.

“Kami tidak membuang swingarm ini ke tong sampah. Tetapi kami perlu waktu dan mungkin setelah saat-saat yang sibuk ini kami bisa mencobanya lagi pada Hari Senin setelah balapan di Mugello. Kami akan mencoba membenahi set up. Kami membuat swingarm aluminium ini untuk memperbaiki grip dan Valentino Rossi sudah berkata kalau hasilnya lebih baik.

“Namun kami memiliki permasalahan lain. Kami jadi bermasalah dengan chatter. Dan kami ingin menyelidiki dan menyelesaikan masalah tersebut. Yamaha dan Honda sudah menemukan solusinya, jadi masih mungkin bagi kami untuk memiliki set up bagus terhadap swingarm aluminium ini pada masa yang akan datang.”

No comments:

Post a Comment