Friday, 29 June 2012

Valentino Rossi: Keamanan Ban Baru Mempengaruhi Performa



Valentino Rossi mengaku kalau ban Bridgestone baru memberikan Ducati lebih banyak permasalahan saat menjalani lap-lap akhir balapan walaupun aspek
keamanan ban tersebut sudah dibenahi.

Bridgestone mengeluarkan ban berspesifikasi baru yang
dirancang khusus untuk dipakai para pembalap berkompetisi di ajang MotoGP tahun 2012. Jika dibandingkan dengan spesifikasi ban tahun sebelumnya, ban baru tersebut lebih cepat panas yang membuat para rider MotoGP terhindar dari kecelakaan yang diakibatkan oleh ban yang masih dingin pada lap-lap awal balapan.

Ban baru tersebut diyakini merupakan akar dari problem getar pada motor RC213V yang mengganggu performa duo pembalap tim Repsol Honda. Alvaro Bautista dan Stefan Bradl yang membela tim satelit Honda juga dilaporkan mengalami masalah serupa namun keduanya tak mampu merasakan eksistensi chatter pada tunggangannya tersebut.

Usai melakoni sesi latihan bebas MotoGP Assen, Casey Stoner kembali mengkritik Bridgestone terhadap performa ban yang cepat habis jika dibandingkan ban generasi sebelumnya.

Tak hanya Honda yang mendapat masalah saat memakai ban anyar tersebut. Menurut Valentino Rossi, performa ban baru tersebut memang lebih menurun ketimbang versi sebelumnya. Akibatnya, tim Ducati menjadi pabrikan yang paling keteteran saat membalap di lap-lap akhir.

Valentino Rossi menjelaskan: “Dengan memakai ban baru ini kita sudah melakukan sebuah langkah bagus untuk memperbaiki keamanan, terutama pada saat awal balapan karena ban yang dibuat pada tahun lalu dan musim 2010 sangat berbahaya, sementara ban yang kami pakai pada tahun ini lebih baik.

“Akan tetapi kami harus mengorbankan performa ban tersebut, terutama setelah dipakai lima atau enam lap.

“Sayangnya motor kami juga bermasalah dengan performa ban baru tersebut. Saat kami menemukan keseimbangan bagus pada ban depan, lalu ketika peforma ban belakang menurun, kami mempergunakan ban belakang lebih intens jika dbandingkan dengan pabrikan lain. Setelah membalap selama beberapa lap, kami harus memelankan kecepatan.

“Pada bagian akhir dari sebuah balapan kami lebih bermasalah dan kami harus memperbaiki hal ini.”

No comments:

Post a Comment