Friday, 15 June 2012

Valentino Rossi Masih Meraba-raba Silverstone

Valentino Rossi masih mengaku kesulitan untuk membesut motor Desmosedici GP12 pada trek Silverstone yang berkarakter cepat.

Dalam sesi latihan bebas pertama GP Inggris, Valentino Rossi keluar sebagai pembalap tercepat yang merajai
sesi latihan yang diguyur hujan tersebut. Namun, pada akhir sesi free practice kedua yang diadakan dalam kondisi trek kering, pembalap Ducati tersebut hanya mampu meraih tempat ke-11 dengan gap 2.334 detik dari Casey Stoner yang menjadi rider tercepat.

Valentino Rossi bakal mempergunakan set up yang dipakai Nicky Hayden saat melakoni sesi latihan free practice kedua untuk menambal kehilangan waktu 0.6 detik dari team-matenya tersebut saat melibas tikungan Becketts dan Maggots, titik dimana Rossi kehilangan waktu 0.6 detik dalam jarak tempuh 500 meter. 

Memang, Valentino Rossi masih awam terhadap Sirkuit Silverstone dan pembalap yang hanya mengikuti balapan sebanyak satu kali pada trek sepanjang 5.9 kilometer tersebut berkata: “Pada satu bagian sirkuit, pada saat keluar dari tikungan kesembilan dan hendak memasuki tikungan kesepuluh, saya kehilangan waktu 0.6 detik dalam jarak 500 meter jika dibandingkan dengan Nicky. Saya juga sangat kesulitan saat membalap pada dua atau tiga titik pada bagian sirkuit yang lama dimana terdapat dua tikungan ke kanan yang cepat dan di situ kecepatan saya masih lambat.

“Sulit untuk memahami jalur treknya jadi target saya besok adalah untuk mencoba memperdekat gap terhadap Nicky. Kami sudah memodifikasi distribusi berat dan hasilnya sudah lebih baik. Pada akhirnya Nicky melakukan modifikasi lain dan ia dapat melaju lebih kencang. Jadi kami akan mencobanya besok.

“Pagi ini pada trek basah, performa kami sangat bagus, sangat kompetitif dan kami bisa mencapai hasil yang bagus. Trek ini sangat sulit, sangat teknikal dan Anda harus memiliki pengalaman yang bagus saat membalap di bagian trek yang cepat dimana ada titik buta saat melewati tikungan dan titik pengereman hanya mengandalkan ingatan karena itu adalah tikungan berkecepatan tinggi. Anda bisa kehilangan banyak waktu di sana.”

No comments:

Post a Comment