Friday, 6 July 2012

Cuaca Hujan Buat Rossi Senang, Cuaca Cerah Masalah Menghadang



Valentino Rossi mengaku turunnya hujan akan membawa berkah bagi Ducati untuk dapat tampil kompetitif pada balapan MotoGP Jerman akhir pekan ini. Akan tetapi, ia berharap sesi latihan berikutnya berlangsung dalam kondisi trek kering untuk
menyelesaikan sejumlah permasalahan reguler yang menghadang motor Desmosedici GP12 untuk dapat bersaing bersama motor Honda dan Yamaha.

Valentino Rossi merasa pemilihan ban pada 30 lap balapan MotoGP Sachsenring bakal krusial untuk memaksimalkan potensi motor GP12.

Rossi menyelesaikan sesi latihan bebas pertama yang berlangsung di bawah cuaca terik di urutan ke-11, sedangkan turunnya hujan pada sesi free practice kedua membantu The Doctor untuk finish kelima dan hanya terpaut gap 0.3 sekon dari pembalap terdepan.

Pembalap bernomor motor #46 tersebut berkata: “Pada saat trek basah, keadaannya lebih baik, tetapi kami memiliki sejumlah masalah dengan keseimbangan motor dan posisi bagian depan motor. Namun seperti pada balapan lainnya, pada saat lintasannya basah, kami bisa melaju cepat, karena saya hanya terpaut 0.3 detik lebih lambat ketimbang pembalap tercepat, dan kami merasa senang jika bisa sedikit memperbaiki keseimbangan motor dan melaju lebih cepat lagi.

“Pada saat lintasannya kering kami memiliki problem yang sama seperti biasanya, selalu sulit untuk memasuki tikungan. Pagi ini saya mencoba ban keras dan melakukan sejumlah putaran. Saya bisa melaju cukup konsisten tetapi tak cukup cepat. Saya kira untuk Hari Minggu, pemilihan ban akan sangat penting jika kondisinya kering. Ban keras menghasilkan kecepatan yang konstan dan lebih enak dipakai, tetapi kecepatannya lebih lambat. 

Sedangkan ban lunak sulit untuk diatur pada saat membalap di akhir-akhir lap, tetapi pada awal balapan kami akan bisa melaju lebih kencang. Pilihan ban akan menjadi keputusan sulit jadi kami berharap lintasannya kering untuk sesi latihan. Tetapi di sisi lain, kalau treknya basah, kami juga senang.”

No comments:

Post a Comment