Friday 12 October 2012

Rossi: Perubahan "Setup" Sangat Pengaruhi Kecepatanku

MOTEGI, Pebalap Ducati, Valentino Rossi, menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan pada hari pertama latihan bebas GP Jepang, Jumat (12/10/2012). Setelah terpuruk di posisi ke-10 pada sesi pagi, "The Doctor" mampu menembus peringkat kelima pada latihan kedua.

Rossi mengakui, perubahan pengesetan pada tunggangannya sangat mempengaruhi hasil tersebut. Ini membuat peraih sembilan gelar juara dunia grand prix tersebut senang, dan berharap mereka bisa terus mengalami perbaikan ke arah positif.

Hari ini berlangsung dengan cukup bagus, terutama pada sesi siang, karena kami membuat perubahan pengesetan yang sangat membantu untuk meningkatkan grip saat akselerasi.

-- Valentino Rossi

"Hari ini berlangsung dengan cukup bagus, terutama pada sesi siang, karena kami membuat perubahan pengesetan yang sangat membantu untuk meningkatkan grip saat akselerasi," ujar Rossi.

"Ketika saya menarik tuas gas, saya bisa keluar tikungan dengan lebih baik, tanpa terlalu banyak spin, dan itulah mengapa saya bisa sedikit lebih cepat. Saya sangat senang karena gap tidak terlalu besar."

Meskipun demikian, Rossi tetap memberikan peringatan kepada Ducati agar tetap bekerja untuk kecepatan jarak jauh, terutama fokus pada degradasi ban. Pasalnya, dari apa yang terjadi pada dua latihan bebas hari pertama ini, ban cepat aus ketika dia menyelesaikan beberapa lap, sehingga motornya banyak mengalami sliding.

"Pilihan ban belakang akan sangat penting karena performa ban lunak dan keras sangat mirip. Ban lunak bekerja sedikit lebih bagus, tetapi kami harus memahami jika bisa bertahan sampai jarak akhir balapan.

"Besok kami akan mencoba sejumlah perubahan dan kemudian kami juga akan mempertimbangkan suhu udara pada hari Minggu ketika membuat keputusan."

Sementara itu rekan setim Rossi, Nicky Hayden, mengatakan bahwa kombinasi antara cedera tangan dan pengesetan membuat dia tak bisa menyamai kemajuan Rossi. Desain sirkuit yang sangat mengandalkan kekuatan fisik menjadi kendala juara dunia 2006 ini.

"Saya tidak mendapatkan umpan balik dari motor yang saya inginkan saat pengeraman. Juga, tanganku sakit dan saya tidak punya cukup kekuatan, terutama memasuki area kanan," ujar pebalap Amerika Serikat ini.

"Ada banyak pengereman keras di trek ini, sehingga saya kehilangan waktu terutama saat masuk tikungan, dan sulit untuk mengembalikannya lagi ketika keluar. Kami perlu berpikir lagi pada malam ini dan mencoba pengesetan yang bagus untuk besok."

No comments:

Post a Comment