Yamaha Motor Indonesia telah melaunching motor matic terbarunya di segmen 125cc
beraura racing siapa lagi kalau bukan New Xeon RC. Nama RC sendiri
merupakan simbol dari perayaan kemenangan Jorge Lorenzo di musim MotoGP
2012 lalu, Racing Champion. Pesan yang bisa ditangkap bahwa Yamaha
serius ingin menggarap segmentasi motor matic racing disaat kompetitornya
memilih jalur motor matic yang elegan.
New Xeon RC adalah motor matic injeksi produk dari Yamaha yang menjadi pilihan tepat bagi anda dalam
memilih motor matic Keren, Cepat, Canggih. New Xeon RC menggunakan
teknologi YMJET-FI, DiASil Cylinder dan Forged Piston yang mempertegas label RC-nya, bahwa Xeon merupakan matik racing berteknologi balap.
Slogan yang diusung Yamaha untuk Generasi New Xeon RC ini adalah Keren, Cepat, Canggih. Mari kita ulas satu per satu sesuai dengan Slogannya:teknologi YMJET-FI, DiASil Cylinder dan Forged Piston yang mempertegas label RC-nya, bahwa Xeon merupakan matik racing berteknologi balap.
KEREN
Matic injeksi ketiga Yamaha setelah Mio J dan Soul GT ini memiliki desain bodi sporty dan agresif. New Xeon RC
yang terinspirasi dari model pesawat tempur F117-Nighthawk (pesawat siluman Amerika) yang tampak jelas pada cover
desainnya yang aerodinamik, lampunya pun sudah Automatic Headlight On
(AHO).
2. After Burner Jet Tail Lamp
Desain lampu belakang, New Xeon RC mengambil konsep After Burner Jet Tail Lamp, yang tidak jauh beda dengan Xeon 125 (generasi 1) dengan desain yang khas
sehingga tampil lebih futuristic, sporty dan Cahaya yang dihasilkan juga lebih terang. Kalau sudah begini tak ada cerita diseruduk dari belakang.
3. Sporty Casting Wheel & Colored Pin Stripe
Velg pada New Xeon RC sudah sangat sporty, tidak perlu ke bengkel aksesoris motor, karena pada velg New Xeon RC sudah di design sporty dengan velg berwarna yang dikombinasikan dengan lis velg yang tegas. Pada Xeon RC ini wheelbase- nya
dibuat lebih panjang 5 mm dari Xeon lama karena adanya perubahan pada
inner tube shockbreaker depan dan belakang yang lebih panjang. Titik
beratnya menjadi lebih mundur, dan lebih ke tengah sehingga memberikan
stabilitas yang lebih baik.
4. Sporty Striping & Dynamic Color
Untuk masalah desain New Xeon RC sudah cukup berani mengambil
jalur differensiasi sebagai matic racing dengan guritan striping body New Xeon RC menggunakan dua warna sehingga tampak lebih sporty, trendy dan lebih berkelas. Apalagi untuk pilihan warna
Victorius Red, aura racingnya begitu kental terlihat.
5. Muscular & Sporty Muffler
Kesan yang sama juga diberikan untuk cover knalpot New Xeon RC yang berwarna
titanium, yang diadapsi dari motor Yamaha T-Max yang powerful sehingga
mampu mendongkrak performa motor, Sehingga
desain knalpot cukup menarik untuk dilihat.
6. Large Capacity Luggage
sangat mendukung aktivitas pengendara yang menginginkan barang bawaanya
ringkas dan tampak rapih tanpa perlu menambah ornamen. Space yang luas
sangat diperlukan, terutama untuk meletakkan helm ketika motor ditinggal disuatu tempat. Jadi, tak perlu
was-was lagi terhadap keamanan helm.
CEPAT
DiASil Cylinder and Forged Piston
DiASil Cylinder merupakan singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu
material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga
material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan
pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi. Karena dibuat
dengan proses Die Casting (cetak) sehingga materialnya menjadi sangat
keras maka silinder ini layak menjadi landasan pergerakan piston.
Sedangkan Forged Piston adalah piston yang dibuat dengan sistem forging
(tempa) yang memiliki ketahanan sangat tinggi jika dibanding piston
konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang
diaplikasikan ke moped. Teknologi ini hanya dimiliki oleh Yamaha dan Indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya.
Berikut peningkatan kecepatan New Xeon RC dibanding Xeon 125 (generasi 1):
Berikut peningkatan kecepatan New Xeon RC dibanding Xeon 125 (generasi 1):
- Tenaga New Xeon RC kini lebih cepat, berada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm, naik sekitar 8 % dari Xeon 125 (generasi 1).
- Satu lagi yang diubah pada Xeon RC adalah melepas rear arm. Komponen ini lebih sering disebut dengan lengan ayun yang posisinya ada di roda belakang sebelah kanan. Sebelumnya komponen ini disebut-sebut berkaitan erat dengan stabilitas, tapi kini justru ditanggalkan untuk mengurangi bobot agar power to weight ratio-nya lebih besar. Dengan pengurangan komponen ini, bobotnya bisa dipangkas hingga 3 kilogram (lebih ringan 3 kilogram.
- New Engine 125 cc dengan Fuel Injection Liquid Cooled dan DiAsil Cylinder and Forged Piston. New Xeon RC sudah menggunakan DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang dikombinasikan dengan YMJET-FI, dimana sensor-sensornya lumayan lengkap antara lain Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor, Coolant Temperature Sensor (CTS) dan sensor O2. Pada motor ini diganti dengan CTS karena sudah menggunakan radiator. Sensor ini menyatu dengan thermostat untuk mengatur idle atau langsam, motor ini sudah dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) untuk mengaturnya secara otomatis. Sedang Electronic Control Unit alias ECU-nya dilengkapi dengan 33 pin. Berkat aplikasi injeksi bahan bakar ini, konsumsi bahan bakar Yamaha New Xeon RC menjadi lebih hemat hingga 20 persen bila dibandingkan dengan versi karburatornya. Penggunaan Diasil Cylider dan Forged Piston diklaim membuat dua komponen ini tidak mudah memuai meski bekerja pada suhu yang tinggi. Ditambah aplikasi air cooler atau radiator membuat suhu mesin tetap ideal, sehingga Yamaha berani meningkatkan kompresi hingga 10,9 : 1. Efeknya, torsi di putaran bawah jadi lebih besar. Satu lagi yang membuat tarikannya makin responsif adalah aplikasi fitur TPS (Throttle Position Sensor). Yang akan selalu memastikan nyalanya pengapian sesuai dengan kebutuhan diruang bakar dengan adanya sensor di trottle karburatornya.
CANGGIH
1. YMJET-FI
Yamaha
Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) adalah suatu Sistem ECU (Engine
Control Unit) yang akan menerima semua informasi terkait dengan RPM
(rotation per minute) mesin. ECU memberi sinyal kepada sistem Yamaha
Mixture JET-Fuel Injection untuk memberikan supply udara melalui Air
Assist atau Main Air Passage, tergantung dari RPM mesin dan tanpa
mengurangi output mesin.
2. Low Friction
Teknologi Low Friction yang dimiliki New Xeon RC
dapat dilihat pada sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit. Memiliki
cut off pada sistem pengisiannya, bekerja ketika suplai arus listik ke
aki sudah penuh. Kalau sistem sebelumnya, ketika aki sudah penuh arus
listiknya dibuang. Jadi sebenarnya magnet tetap memproduksi arus listrik
untuk charging. Tapi kini benar-benar di putus, jadi magnet hanya
memproduksi arus untuk lampu. Hal ini menyebabkan putaran magnet tidak
terlalu membebani kruk as. Mesin jadi lebih efisien. Dengan
teknologi ini aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over
charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau
pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless. Fuel pump tipe brushless ini juga mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil.
3. Integrated Key Shutter
Fitur baru lainnya adalah teknologi integrated Key Shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Selain untuk menyalakan motor, juga dapat
digunakan sebagai pembuka bagasi.
4. Smart Lock System
New Xeon RC telah memiliki fitur Smart Lock System atau dengan kata lain Parking Brake Lock yang cara kerjanya lebih sederhana dari matic
kompetitor. Dimana di matic lain untuk mengoperasikan parking brake
lock kadang harus dibantu 2 tangan, sedangkan di Xeon RC ini cukup
ringan dilakukan 1 tangan yakni dengan cara tarik tuas rem, lalu tekan
tombol ke bawah, selesai. Proses melepaskan PBL-nya pun lebih cepat dari matic lainnya yang memiliki fitur sama. Dengan teknologi ini, tangan tidak cepat lelah saat menekan rem
ketika motor berhenti. Hal ini sangat praktis digunakan dan aman saat
melakukan pengereman di jalan menanjak maupun menurun.
5. Smart Stand Switch
Yamaha juga lewat New Xeon RC ini memperkenalkan fitur keselamatan yang
dinamakan Smart Stand Switch dimana mesin motor tidak akan bisa hidup
jika standar samping masih terbuka. Nilai plusnya dari fitur S3 Yamaha
ini pengendara bisa langsung mengetahui karena terdeteksi lewat lampu
blink di dashboard. So jika stand samping masih terbuka, lalu kunci
kontak diputar ke on, maka lampu blink akan menyala dan motor tidak akan
bisa dinyalakan.
Dengan melihat paparan tentang keunggulan fitur dan teknologi yang dimiliki oleh New Xeon RC sesuai dengan slogan Keren, Cepat, Canggih. Hal tersebut membuktikan bahwa Yamaha begitu serius memberikan produk yang berkualitas untuk kenyamanan dan keamanan konsumennya.
Untuk lebih lengkapnya berikut spesifikasi lebih detail mengenai New Xeon RC :
New Xeon RC tersedia dalam 5 pillihan warna yang menarik dan terlihat lebih sporty, sehingga cocok untuk Pria maupun Wanita:
Terakhir harga untuk New Xeon RC ini hanya dibanderol dengan harga Rp 15.100.000,- untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk wilayah saya sendiri, Propinsi Sulawesi Selatan kemungkinan mencapai Rp 16.100.000,-
Jadi sudah jelas motor Yamaha New Xeon RC menjadi satu-satunya pilihan tepat sebagai motor idaman yang terkenal dengan tampilan yang Keren, tak tertandingi keCepatannya dan keCanggihan teknologinya membuat banyak yang jatuh hati pada Yamaha New Xeon RC.
"NEW Xeon RC SEMAKIN TAK TERTANDINGI"
Sumber Referensi dan Gambar:
- Yamaha Motor Indonesia
- Kontes New Xeon RC
- Serta dari Berita test riding New Xeon RC maupun blogger lainnya.
No comments:
Post a Comment