Thursday, 14 March 2013

All about Yamaha, NX Racing Champion

Yamaha Motor Indonesia  telah melaunching motor matic terbarunya di segmen 125cc beraura racing siapa lagi kalau bukan New Xeon RC. Nama RC sendiri merupakan simbol dari perayaan kemenangan Jorge Lorenzo di musim MotoGP 2012 lalu, Racing Champion. Pesan yang bisa ditangkap bahwa Yamaha serius ingin menggarap segmentasi motor matic racing disaat kompetitornya memilih jalur motor matic yang elegan.

New Xeon RC adalah motor matic injeksi produk dari Yamaha yang menjadi pilihan tepat bagi anda dalam memilih motor matic Keren, Cepat, Canggih. New Xeon RC menggunakan
teknologi YMJET-FI, DiASil Cylinder dan Forged Piston yang mempertegas label RC-nya, bahwa Xeon merupakan matik racing berteknologi balap.
Slogan yang diusung Yamaha untuk Generasi New Xeon RC ini adalah Keren, Cepat, Canggih. Mari kita ulas satu per satu sesuai dengan Slogannya:


KEREN











1. Aerodynamic Cover Design
Aerodynamic Cover Design
Matic injeksi ketiga Yamaha setelah Mio J dan Soul GT ini memiliki desain bodi sporty dan agresif. New Xeon RC yang terinspirasi dari model pesawat tempur F117-Nighthawk (pesawat siluman Amerika) yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamik, lampunya pun sudah Automatic Headlight On (AHO).



2. After Burner Jet Tail Lamp
After Burner Jet Tail Lamp
Desain lampu belakang, New Xeon RC mengambil konsep After Burner Jet Tail Lamp, yang tidak jauh beda dengan Xeon 125 (generasi 1) dengan desain yang khas sehingga tampil lebih futuristic, sporty dan  Cahaya yang dihasilkan juga lebih terang. Kalau sudah begini tak ada cerita diseruduk dari belakang.




3. Sporty Casting Wheel & Colored Pin Stripe
Sporty Casting Wheel and Colored Pin Stripe
Velg pada New Xeon RC sudah sangat sporty, tidak perlu ke bengkel aksesoris motor, karena pada velg New Xeon RC sudah di design sporty dengan velg berwarna yang dikombinasikan dengan lis velg yang tegas. Pada Xeon RC ini wheelbase- nya dibuat lebih panjang 5 mm dari Xeon lama karena adanya perubahan pada inner tube shockbreaker depan dan belakang yang lebih panjang. Titik beratnya menjadi lebih mundur, dan lebih ke tengah sehingga memberikan stabilitas yang lebih baik.

4. Sporty Striping & Dynamic Color
Sporty Striping & Dynamic Color
Untuk masalah desain New Xeon RC sudah cukup berani mengambil jalur differensiasi sebagai matic racing dengan guritan striping body New Xeon RC menggunakan dua warna sehingga tampak lebih sporty, trendy dan lebih berkelas. Apalagi untuk pilihan warna Victorius Red, aura racingnya begitu kental terlihat.



5. Muscular & Sporty Muffler
Muscular & Sporty Muffler

Kesan yang sama juga diberikan untuk cover knalpot New Xeon RC yang berwarna titanium, yang diadapsi dari motor Yamaha T-Max yang powerful sehingga mampu mendongkrak performa motor, Sehingga desain knalpot cukup menarik untuk dilihat.



 6. Large Capacity Luggage
 Large Capacity Luggage
sangat mendukung aktivitas pengendara yang menginginkan barang bawaanya ringkas dan tampak rapih tanpa perlu menambah ornamen. Space yang luas sangat diperlukan, terutama untuk meletakkan helm ketika motor ditinggal disuatu tempat. Jadi, tak perlu was-was lagi terhadap keamanan helm.




CEPAT











DiASil Cylinder and Forged Piston

Diasil Cylinder and Forged Piston
DiASil Cylinder merupakan singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi. Karena dibuat dengan proses Die Casting (cetak) sehingga materialnya menjadi sangat keras maka silinder ini layak menjadi landasan pergerakan piston.

Sedangkan Forged Piston adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa) yang memiliki ketahanan sangat tinggi jika dibanding piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang diaplikasikan ke moped.  Teknologi ini hanya dimiliki oleh Yamaha dan Indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya.

Berikut peningkatan kecepatan New Xeon RC dibanding Xeon 125 (generasi 1):
  1. Tenaga New Xeon RC kini lebih cepat, berada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm, naik sekitar 8 % dari Xeon 125 (generasi 1).  
  2. Satu lagi yang diubah pada Xeon RC adalah melepas rear arm. Komponen ini lebih sering disebut dengan lengan ayun yang posisinya ada di roda belakang sebelah kanan. Sebelumnya komponen ini disebut-sebut berkaitan erat dengan stabilitas, tapi kini justru ditanggalkan untuk mengurangi bobot agar power to weight ratio-nya lebih besar. Dengan pengurangan komponen ini, bobotnya bisa dipangkas hingga 3 kilogram (lebih ringan 3 kilogram. 
  3. New Engine 125 cc dengan Fuel Injection Liquid Cooled dan DiAsil Cylinder and Forged Piston. New Xeon RC sudah menggunakan DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang dikombinasikan dengan YMJET-FI, dimana sensor-sensornya lumayan lengkap antara lain Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor, Coolant Temperature Sensor (CTS) dan sensor O2. Pada motor ini diganti dengan CTS karena sudah menggunakan radiator. Sensor ini menyatu dengan thermostat untuk mengatur idle atau langsam, motor ini sudah dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) untuk mengaturnya secara otomatis. Sedang Electronic Control Unit alias ECU-nya dilengkapi dengan 33 pin. Berkat aplikasi injeksi bahan bakar ini, konsumsi bahan bakar Yamaha New Xeon RC menjadi lebih hemat hingga 20 persen bila dibandingkan dengan versi karburatornya. Penggunaan Diasil Cylider dan Forged Piston diklaim membuat dua komponen ini tidak mudah memuai meski bekerja pada suhu yang tinggi. Ditambah aplikasi air cooler atau radiator membuat suhu mesin tetap ideal, sehingga Yamaha berani meningkatkan kompresi hingga 10,9 : 1. Efeknya, torsi di putaran bawah jadi lebih besar. Satu lagi yang membuat tarikannya makin responsif adalah aplikasi fitur TPS (Throttle Position Sensor). Yang akan selalu memastikan nyalanya pengapian sesuai dengan kebutuhan diruang bakar dengan adanya sensor di trottle karburatornya.


CANGGIH










1. YMJET-FI
Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) adalah suatu Sistem ECU (Engine Control Unit) yang akan menerima semua informasi terkait dengan RPM (rotation per minute) mesin. ECU memberi sinyal kepada sistem Yamaha Mixture JET-Fuel Injection untuk memberikan supply udara melalui Air Assist atau Main Air Passage, tergantung dari RPM mesin dan tanpa mengurangi output mesin.



 
2. Low Friction

Teknologi Low Friction yang dimiliki New Xeon RC dapat dilihat pada sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit. Memiliki cut off pada sistem pengisiannya, bekerja ketika suplai arus listik ke aki sudah penuh. Kalau sistem sebelumnya, ketika aki sudah penuh arus listiknya dibuang. Jadi sebenarnya magnet tetap memproduksi arus listrik untuk charging. Tapi kini benar-benar di putus, jadi magnet hanya memproduksi arus untuk lampu. Hal ini menyebabkan putaran magnet tidak terlalu membebani kruk as. Mesin jadi lebih efisien. Dengan teknologi ini aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless. Fuel pump tipe brushless ini juga mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil.

3. Integrated Key Shutter
Integrated Key Shutter

Fitur baru lainnya adalah teknologi integrated Key Shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Selain untuk menyalakan motor, juga dapat digunakan sebagai pembuka bagasi.




4. Smart Lock System
Smart Lock System
New Xeon RC telah memiliki fitur Smart Lock  System atau dengan kata lain Parking Brake Lock yang cara kerjanya  lebih sederhana dari matic kompetitor. Dimana di matic lain untuk mengoperasikan parking brake lock kadang harus dibantu 2 tangan, sedangkan di Xeon RC ini cukup ringan dilakukan 1 tangan yakni dengan cara tarik tuas rem, lalu tekan tombol ke bawah, selesai. Proses melepaskan PBL-nya pun lebih cepat dari matic lainnya yang memiliki fitur sama. Dengan teknologi ini, tangan tidak cepat lelah saat menekan rem ketika motor berhenti. Hal ini sangat praktis digunakan dan aman saat melakukan pengereman di jalan menanjak maupun menurun. 

5. Smart Stand Switch
Smart Stand Switch
Yamaha juga lewat New Xeon RC ini memperkenalkan fitur keselamatan yang dinamakan Smart Stand Switch dimana mesin motor tidak akan bisa hidup jika standar samping masih terbuka. Nilai plusnya dari fitur S3 Yamaha ini pengendara bisa langsung mengetahui karena terdeteksi lewat lampu blink di dashboard. So jika stand samping masih terbuka, lalu kunci kontak diputar ke on, maka lampu blink akan menyala dan motor tidak akan bisa dinyalakan.

 


Dengan melihat paparan tentang keunggulan fitur dan teknologi yang dimiliki oleh New Xeon RC sesuai dengan slogan Keren, Cepat, Canggih. Hal tersebut membuktikan bahwa Yamaha begitu serius memberikan produk yang berkualitas untuk kenyamanan dan keamanan konsumennya.

Untuk lebih lengkapnya berikut spesifikasi lebih detail mengenai New Xeon RC :



New Xeon RC tersedia dalam 5 pillihan warna yang menarik dan terlihat lebih sporty, sehingga cocok untuk Pria maupun Wanita:


Terakhir harga untuk New Xeon RC ini hanya dibanderol dengan harga Rp 15.100.000,- untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk wilayah saya sendiri, Propinsi Sulawesi Selatan kemungkinan mencapai Rp 16.100.000,-

Jadi sudah jelas motor Yamaha New Xeon RC menjadi satu-satunya pilihan tepat sebagai motor idaman yang terkenal dengan tampilan yang Keren, tak tertandingi keCepatannya dan keCanggihan teknologinya membuat banyak yang jatuh hati pada Yamaha New Xeon RC.


"NEW Xeon RC SEMAKIN TAK TERTANDINGI"



Sumber Referensi dan Gambar: 
  1. Yamaha Motor Indonesia 
  2. Kontes New Xeon RC
  3. Serta dari Berita test riding New Xeon RC maupun blogger lainnya.


No comments:

Post a Comment