Sunday 17 June 2012

Rossi dan Hayden Jatuh di Tikungan yang Sama, Pedrosa Salahkan Ban

Valentino Rossi dan Nicky Hayden terjatuh pada tikungan yang sama saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Inggris yang berlangsung pada Hari Sabtu.


Duo pembalap Ducati tersebut kehilangan front end saat hendak
memasuki tikungan ke-16 Sirkuit Silverstone yang diberi nama ‘Vale Corner’.

Dani Pedrosa meyakini kalau pemakaian ban Bridgestone baru telah menyebabkan banyak kecelakaan sepanjang akhir pekan di Silverstone.

Akan tetapi, baik Rossi maupun Hayden membantah kalau pemakaian ban depan baru telah menyebabkan keduanya mengalami crash di tempat yang sama.

Valentino Rossi menuding kurangnya grip ban depan baru, yang berkompon lebih lunak ketimbang versi sebelumnya, menjadi penyebab ia terjatuh pada tikungan yang juga membuatnya mencium gravel pada tahun lalu.

Setelah melihat data, Hayden mengaku hanya terlalu bersemangat untuk membalap sebelum terseret keluar beberapa menit setelah teammatenya terjatuh.

Valentino Rossi yang akan memulai balapan MotoGP Inggris dari grid ke-10 mengatakan: “Ban ini dibuat khusus oleh Bridgestone untuk memanaskan ban lebih cepat karena tahun lalu kita melihat banyak sekali kecelakaan baik karena masalah ban belakang maupun depan.

“Ban belakang bekerja dengan fantastis setelah dipakai beberapa lap dan bagus untuk keamanan. Sementara bagian depan bannya berputar lebih cepat saat pengereman namun bagi kami keadaan tersebut tak banyak mengubah apapun. Saya pikir bagi Ducati, ban yang lama juga lebih buruk.

“Saya terjatuh di chicane terakhir dan Nicky juga terjatuh setelah menghantam permukaan yang tidak rata saat melewati jalan terjal, yang menyebabkan kami tak memiliki cukup grip dan kehilangan bagian depan.

“Saya kesulitan untuk menghentikan motornya dan membelokkannya. Kejadian tersebut tidak menguntungkan karena saat itu saya memakai ban keras, kemudian hujannya mulai datang sebelum saya berkesempatan untuk memakai ban lunak. Tetapi saya kira saya mampu melaju setengah detik lebih cepat. Bagaimanapun, tidak ada yang fantastis. Saya bisa cukup konsisten saat memakai ban keras namun saya juga terlalu lambat.”

Bagi Rossi, karakter Sirkuit Silverstone sendiri tidak kompatibel dengan motor Desmosedici GP12 yang hanya memperparah problem understeer. Sedangkan menurut Rossi, gapnya yang terpaut jauh dari pembalap terdepan dikarenakan dirinya masih kesulitan untuk memahami trek Silverstone yang cepat dan teknikal tersebut.

Sementara Nicky Hayden yang akan start dari strip ketujuh berkata: “Karena saya terjatuh lebih awal, maka grid ketujuh tidak terlalu buruk. Namun sebenarnya saya merasa kami bisa berbuat lebih baik dari ini.”

Sedangkan Dani Pedrosa bersikukuh terhadap pendiriannya saat memberikan penilaian terhadap ban depan baru Bridgestone yang dijadikan standar balapan mulai seri Silverstone.

Pembalap yang bakal memulai race dari grid ke-5 tersebut menjelaskan: “Saya tetap berpikir kalau ban depan yang baru tidak lebih aman. Kita sudah melihat banyak kecelakaan di front end.”

Bagaimanapun, Rossi dan Hayden beruntung terhindar dari cedera setelah terjatuh yang mengakibatkan kerusakan cukup parah pada motor Ducati. Keduanya juga mampu melanjutkan sesi kualifikasi dengan segera.

Valentino Rossi menambahkan: “Kami baik-baik saja dan saat saya terjatuh, saya pikir airbag Dainese menyelamatkan bahu saya karena saya menghantam permukaan dengan keras.”

No comments:

Post a Comment