Valentino Rossi dan Nicky Hayden terjatuh pada tikungan yang sama
saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Inggris yang berlangsung pada
Hari Sabtu.
Duo pembalap Ducati tersebut kehilangan front end saat hendak
memasuki tikungan ke-16 Sirkuit Silverstone yang diberi nama ‘Vale Corner’.
Duo pembalap Ducati tersebut kehilangan front end saat hendak
memasuki tikungan ke-16 Sirkuit Silverstone yang diberi nama ‘Vale Corner’.
Dani Pedrosa meyakini kalau pemakaian ban Bridgestone baru telah
menyebabkan banyak kecelakaan sepanjang akhir pekan di Silverstone.
Akan tetapi, baik Rossi maupun Hayden membantah kalau pemakaian ban
depan baru telah menyebabkan keduanya mengalami crash di tempat yang
sama.
Valentino Rossi menuding kurangnya grip ban depan baru, yang
berkompon lebih lunak ketimbang versi sebelumnya, menjadi penyebab ia
terjatuh pada tikungan yang juga membuatnya mencium gravel pada tahun
lalu.
Setelah melihat data, Hayden mengaku hanya terlalu bersemangat untuk
membalap sebelum terseret keluar beberapa menit setelah teammatenya
terjatuh.
Valentino Rossi yang akan memulai balapan MotoGP Inggris dari grid
ke-10 mengatakan: “Ban ini dibuat khusus oleh Bridgestone untuk
memanaskan ban lebih cepat karena tahun lalu kita melihat banyak sekali
kecelakaan baik karena masalah ban belakang maupun depan.
“Ban belakang bekerja dengan fantastis setelah dipakai beberapa lap
dan bagus untuk keamanan. Sementara bagian depan bannya berputar lebih
cepat saat pengereman namun bagi kami keadaan tersebut tak banyak
mengubah apapun. Saya pikir bagi Ducati, ban yang lama juga lebih buruk.
“Saya terjatuh di chicane terakhir dan Nicky juga terjatuh setelah
menghantam permukaan yang tidak rata saat melewati jalan terjal, yang
menyebabkan kami tak memiliki cukup grip dan kehilangan bagian depan.
“Saya kesulitan untuk menghentikan motornya dan membelokkannya.
Kejadian tersebut tidak menguntungkan karena saat itu saya memakai ban
keras, kemudian hujannya mulai datang sebelum saya berkesempatan untuk
memakai ban lunak. Tetapi saya kira saya mampu melaju setengah detik
lebih cepat. Bagaimanapun, tidak ada yang fantastis. Saya bisa cukup
konsisten saat memakai ban keras namun saya juga terlalu lambat.”
Bagi Rossi, karakter Sirkuit Silverstone sendiri tidak kompatibel
dengan motor Desmosedici GP12 yang hanya memperparah problem understeer.
Sedangkan menurut Rossi, gapnya yang terpaut jauh dari pembalap
terdepan dikarenakan dirinya masih kesulitan untuk memahami trek
Silverstone yang cepat dan teknikal tersebut.
Sementara Nicky Hayden yang akan start dari strip ketujuh berkata:
“Karena saya terjatuh lebih awal, maka grid ketujuh tidak terlalu buruk.
Namun sebenarnya saya merasa kami bisa berbuat lebih baik dari ini.”
Sedangkan Dani Pedrosa bersikukuh terhadap pendiriannya saat
memberikan penilaian terhadap ban depan baru Bridgestone yang dijadikan
standar balapan mulai seri Silverstone.
Pembalap yang bakal memulai race dari grid ke-5 tersebut menjelaskan:
“Saya tetap berpikir kalau ban depan yang baru tidak lebih aman. Kita
sudah melihat banyak kecelakaan di front end.”
Bagaimanapun, Rossi dan Hayden beruntung terhindar dari cedera
setelah terjatuh yang mengakibatkan kerusakan cukup parah pada motor
Ducati. Keduanya juga mampu melanjutkan sesi kualifikasi dengan segera.
Valentino Rossi menambahkan: “Kami baik-baik saja dan saat saya
terjatuh, saya pikir airbag Dainese menyelamatkan bahu saya karena saya
menghantam permukaan dengan keras.”
No comments:
Post a Comment