Saturday, 23 June 2012

Valentino Rossi Bantah Jiplak Settingan Nicky Hayden

ducati valentino rossi y nicky hayden
Valentino Rossi mengaku kalau kemajuan yang ia dapat saat membalap di trek kering bukanlah hasil dari menjiplak settingan yang dipakai team-matenya, Nicky Hayden.


Nicky Hayden kerap menjadi pembalap Ducati tercepat dalam sesi latihan maupun
balapan. Sejak awal musim lalu, Valentino Rossi mengaku memakai set up yang ‘mirip’ seperti yang dipakai rekan satu timnya tersebut.

Akan tetapi, berulangkali Valentino Rossi sudah menegaskan kalau settingan motor Desmosedici GP12 yang lebih sesuai dengan karakter motor Ducati yang dipakainya dalam beberapa race tidak ‘sama persis’ dengan yang dipergunakan oleh Hayden.

Rossi kembali menemukan kemajuan setelah mengadopsi settingan yang dipakai Hayden saat berlaga dalam race Catalunya dimana ia mendapat hasil terbaik saat membalap di trek kering. Lantas, Rossi juga kembali bereksperimen terhadap settingan tersebut saat melakoni tes selama satu hari di trek Catalunya dan Aragon.

Tetapi Rossi membantah kalau dia menjiplak settingan yang diciptakan berdasarkan input dari Nicky Hayden.

Rossi menerangkan bahwa dirinya hanya lebih lambat menerapkan settingan tersebut dibandingkan Hayden yang telah mencobanya lebih awal.

Di tes Catalunya dan Aragon, Rossi mengaku bereksperimen dengan distribusi berat dengan set up yang diciptakan oleh Ducati tersebut. Set up tersebut dipergunakan Hayden sejak sesi latihan bebas pertama MotoGP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone. Tetapi Rossi baru mencoba settingan tersebut pada keesokan harinya.

Usai menempati urutan pertama dalam sesi latihan bebas GP Inggris yang diguyur hujan, juara dunia MotoGP sebanyak sembilan kali tersebut menjelaskan: “Settingan yang kami coba di tes bukanlah ide dari Nicky Hayden, tetapi merupakan set up yang diciptakan oleh Ducati. Pada akhir sesi latihan Nicky melakukan modifikasi terhadap bagian depan motornya. Saya kira, kami hanya mengalami penundaan untuk memakai settingan tersebut jika dibandingkan dengannya.”

No comments:

Post a Comment